OS: ULASAN1

ULASAN1: Security - RSA Encryption

Video ini diambil dari YouTube dengan link https://youtu.be/M7kEpw1tn50. Video yang berjudul "Encryption and HUGE Numbers - Numberphile" ini di-upload oleh Numberphile. Video ini berdurasi 9 menit 21 detik. Video tersebut di-upload pada tanggal 9 Desember 2012 dan kini telah memiliki lebih dari 839.000 penonton.

Video ini membahas tentang bagaimana konsep enkripsi RSA (Rivest Shavir Adleman) bekerja. Untuk memahami cara kerja enkripsi RSA, andaikan kita ingin memberikan pesan rahasia kepada sebuah bank, maka bank akan memberikan sebuah gembok yang hanya bisa dibuka oleh bank tersebut. Saat kita akan mengirim pesan, kita menguncinya menggunakan gembok yang disediakan oleh bank. Gembok tersebut dibuka menggunakan operasi-operasi matematika yang menggunakan sebuah secret key (angka) yang hanya dimiliki bank tersebut.


Menurut saya, cara enkripsi RSA merupakan salah satu metode enkripsi yang aman dan praktis untuk digunakan. Selain memperkenalkan ilustrasi cara kerja RSA, video juga menampilkan proses enkripsi-deskripsi pada RSA. Metode enkripsi ini juga diterapkan oleh berbagai perusahaan untuk menjamin keamanan sistemnya, seperti Twitter dan Google.


Github Account : andreramz
URL Ulasan: http://andreramadhanios.blogspot.com/2017/05/os-ulasan1.html
URL Video : https://youtu.be/M7kEpw1tn50
Pemetaan : week02
Revisi Pertama : 6 Mei 2017
Revisi Terakhir : 6 Mei 2017

Komentar